Peran Pembelajaran Teknologi Informasi Bagi Publik

a | 12.49 | |
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sekarang ini banyak sekali suguhan dari teknologi dalam berbagai bidang yang mengiringi aktivitas kita sehari hari. Teknologi yang berkembang pesat membuat kita mau tidak mau mengikuti setiap perkembangannya. Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap penilaian suatu negara di era globalisasi seperti sekarang ini. Termasuk juga Indonesia yang sedang merangkak perlahan untuk bergerak ke arah yang lebih baik.

Sebagai negara berkembang, kita harus pandai menggunakan teknologi. Sebab, jika kita menyalah artikan penggunaan teknologi, bukan tidak mungkin negara kita akan dijajah lagi, bukan oleh bangsa lain melainkan oleh teknologi. Secara tidak sadar sebenarnya kita memang sudah dijajah. Dengan angka ketergantungan terhadap barang berteknologi yang semakin hari semakin meningkat, harusnya membuat kita sadar agar bisa mengurangi angka ketergantungan kita terhadap teknologi.

TIK Baturaja
(Ilustrasi TIK, Photo By : Adhe Setiawan)


1. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Istilah Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kegiatan pembelajaran. Bahkan ada sebagian orang yang agak berlebihan pemahamannya, yaitu yang mengidentikkan TIK itu dengan komputer atau internet saja. Akibatnya, setiap ada pembicaraan mengenai TIK, maka yang terlintas di dalam pemikiran yang bersangkutan adalah komputer atau internet.

Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Sedangkan menurut William & Sawyer, Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (2003).

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.


2. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain yang letaknya jauh, akses informasi yang cepat, mempermudah pengelolahan data sehingga suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, menambah wawasan baru tanpa guru, dan peningkatan kualitas hidup manusia.

Dan juga maraknya penggunaan Teknologi Informasi akan membuka peluang jenis lapangan pekerjaan baru. Bisnis yang berbasis Teknologi Informasi yang berskala kecil ataupun berskala besar. Contoh bidang usaha mikro yang memanfaatkan TIK di dalam bisnis diantaranya Agen Pembayaran Online, Warung Internet (Warnet), Usha Percetkan dan Konveksi, Jasa Photo dan Video Shooting, dan masih banyak jenis pekerjaan baru yang dihasilkan dengan adanya kemajuan TIK itu sendiri.

Jadi manfaat TIK itu sendiri bisa dirasakan oleh semua golongan masyarakat, baik kalangan menengah keatas, ataupun menengah kebawah. TIK juga diperlukan di instansi-instasi pemerintah maupun swasta dalam mempermudah pengelolahan data menjadi informasi yang tepat guna. Karena penerapan TIK ini sendiri memliki beberapa keuntungan diantaranya, akses relatif cepat, akurasi dan transparansi data, proses pengulangan yang tidak terbatas. Namun semuanya itu hendaknya didukung dengan kemampuan SDM nya, karena tanpa SDM yang berkualitas, semua kemajuan teknologi akan terasa kurang bermanfaat.


3. Perkembangan TIK di Baturaja

Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang dengan pesatnya, termasuk didaerah tempat tinggal penulis, kota Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Terbukti dari maraknya jenis usaha yang berbasis teknologi informasi di daerah baturaja. Hampir di setiap tempat sudah ada Warung Internet (Warnet), Percetakan, Konveksi, Photo Studio dan jenis-jenis usaha lainya.

Sumber daya masyarakat (SDM) di Baturaja juga difasilitasi dengan pendidikan yang berkualitas. Terdapat 7 Universitas dan Perguruan Tinggi swasta di baturaja yang menyokong peembentukan SDM yang berkualitas. Diantaranya adalah Universitas Baturaja, STAI Baturaja, STIE Baturaja, STIKES Alma'arif Baturaja, AKBID Depkes Baturaja, AKBID Rizki Fathiyah Baturaja, dan AMIK AKMI Baturaja.  Dan penulis menyelesaikan pendidikan Diploma III Teknologi Informtika disalah satu Perguruan Tinggi tersebut yaitu di AMIK AKMI Baturaja, dengan predikat cumlaude (IPK 3.75 skala 4.0).

Tapi sangat disayangkan, meski memiliki banyak SDM yang berkualitas, Pemerintah Daerah dan Dinas terkait terkesan kurang serius dalam menanggapinya. Sangat minim sekali fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Jangankan penyediaan lapangan kerja, informasi publik pun susah untuk didapatkan. Website Pemerintah Daerah dengan domain http://www.okukab.go.id/ pun sering tidak bisa diakses, padahal seharusnya website pemda menjadi jembatan informasi publik baik dalam mendapatkan perkembangan daerah maupun informasi lapangan pekerjaan.

Kedepanya, semoga dinas terkait membaca artikel ini. Karena mutu suatu daerah sekarang tercermin dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi nya, dan yang pertama dinilai adalah website Pemerintah Daerah yang memuat segala informasi tentang kegiatan dan kemajuan daerah. Dan juga perlu keseriusan Pemerintah Daerah dan Dinas Terkait tentang penyediaan lapangan pekerjaan yang layak.



refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.html?m=1


Blog, Updated at: 12.49
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

1. No Spam
2. Terima Kasih sudah berkunjung

Klik, Untuk Lebih Tau Tentang Baturaja

Entri Populer

✮✮✯ R E L A S I

Ogan Komering Ulu AMIK AKMI Baturaja
Back To Top