Padamunegeri Ilegal Hanya Sekedar Isu

a | 23.32 | | |
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Padamunegeri Ilegal Hanya Sekedar Isu. Belakangan ini sering terdengar bahwa Padamunegeri itu ilegal dan tidak perlu dikerjakan. Tuduhan tersebut bukan tanpa alasan, dikarenakan pada 2014 lalu mantan wapres Budiono pada akhir masa jabatanya meresmikan DAPODIK sebagai satu-satunya aplikasi pendataan yang wajib digunakan oleh seluruh sekolah tingkat dasar sampai tingkat sma, baik negeri maupun swasta. Jadi sangat wajar ada beberapa asumsi negatif menanggapi aplikasi Padamu Negeri (Pangkalan Data Penjamin Mutu Negara Republik Indonesia) yang dalam pengerjaanya mirip dengan aplikasi DAPODIK Kemdikbud.

padamunegeri ilegal

Sejarah PADAMUNEGERI

Sebelum kita bahasa lebih jauh, ada baiknya kita tahu bagaimana sejarah lahirnya Padamunegeri. Berikut penjelasan yang dilansir dari website BPSDMPK Kemdikbud. PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud. Layanan PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud bekerjasama dengan PT. Telkom secara legal dalam rangka pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK yang telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2006 hingga saat ini.

Dari kerjasama tersebut Sistem PADAMU NEGERI dibangun diatas "Platform" Aplikasi SIAP Online Edisi Gratis (Bebas Biaya) milik PT. Telkom.Hasil PADAMU NEGERI sebagai dasar perencanaan program UKG, Sertifikasi Guru, Diklat PTK diperiode selanjutnya mulai 2014 nanti. Jadi tidak perlu ada kekuatiran berlebihan terhadap kehadiran PADAMU NEGERI yang tujuannya berbeda dengan DAPODIK.


Jadi Bagaimana Sistem Kerja PADAMUNEGERI

PADAMU NEGERI terbuka untuk menunggu hasil DAPODIK secara menyeluruh agar bisa segera berbagi data yang akurat melalui PDSP sehingga layak menjadi sumber referensi data utama bagi unit kerja lainnya yang membutuhkan termasuk PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP. Jika nantinya hasil DAPODIK telah siap dan terbuka akses datanya melalui PDSP maka PADAMU NEGERI tentu akan menyesuaikan di periode selanjutnya.

PADAMU NEGERI mendukung program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti. BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013. PADAMU NEGERI juga disiapkan sebagai "Contingency Plan"  BPSDMPK-PMP untuk antisipasi pada suatu keadaan yang tidak sesuai rencana utama tersebut..Demikian semoga bisa mencerahkan semua pihak terkait.


Penjelasan Dari LPMP Provinsi Tentang PADAMUNEGERI

Menurut Bapak Imron Trisandi, S.Pd.MM Staff Ahli LPMP Provinsi Sumatera Selatan pada Workshop Pengelolaan NUPTK yang diadakan di SMK N 2 OKU hari Kamis, 23 April 2015. Menyatakan Bahwa " Selagi tidak ada hitam diatas putih, program PADAMUNEGERI tetap lanjut, dan wajib dikerjakan karena  PADAMUNEGERI menjadi refrensi pusat dalam melaksanakan program-program penting contohnya pemanggilan peserta UKG, Prodep, PKG, Verval NRG, Verval NUPTK  dan lain-lain. Jadi PADAMUNEGERI ilegal itu hanya isu".


Kesimpulan

Aplikasi PADAMUNEGERI ini wajib dikerjakan samahalnya seperti aplikasi DAPODIK Kemdikbud. Meskipun ada beberapa kemiripan dalam proses pengerjaan, tapi tetaplah itu adalah Program yang tidak main-main. Diharapkan dengan adanya PADAMUNEGERI pihak Pusat bisa lebih baik dalam mengambil kebijakan yang tepat sasaran dimana kemudahan akses serta transparansi data menjadi faktor penting.

Dan untuk Operator Sekolah, harap bersabar. Meskipun pada dasarnya PADAMUNEGERI adalah tanggung jawab masing-masing PTK tetapi sebagian besar tetap Operator Sekolah yang mengerjakan. Meskipun operator sudah cukup terbebani dengan aplikasi DAPODIK. Sabar dan ikhlas menjadi kunci agar para Operator Sekolah sekalian bisa tetap semangat dalam bekerja. Karena ini adalah pilihan, jika kita merasa berat tinggalkan dan pilih pilihan yang lebih baik. Satu hal yang pasti, Allah tidak tidur.


Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai Padamunegeri Ilegal Hanya Sekedar Isu. Semoga bisa menambah wawasan rekan-rekan sekalian. Dan untuk operator sekolah, semoga ditambah kesabaranya, dan semoga bertambah Rizkinya. Amin Ya Rabbal Alamin.


refrensi : http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/bpsdmpk/index.php/program_kerja/detail/2


Blog, Updated at: 23.32
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

1. No Spam
2. Terima Kasih sudah berkunjung

Klik, Untuk Lebih Tau Tentang Baturaja

Entri Populer

✮✮✯ R E L A S I

Ogan Komering Ulu AMIK AKMI Baturaja
Back To Top